Friday 9 December 2016

Infus Menjadi Obat Minum Anti Mainstream

Pandaan, semua orang pasti mengenal Infus, alat yang sering kali kita jumpai di sekitar rumah sakit. Infus adalah adalah pemasukan suatu cairan atau obat ke dalam tubuh melalui rute intravena dengan laju konstan selama periode waktu tertentu. Infus dilakukan untuk seorang pasien yang membutuhkan obat sangat cepat atau membutuhkan pemberian obat secara pelan tetapi terus menerus.

Tapi kapan hari Saya selaku penulis, dikagetkan dengan pemandangan yang tidak biasa. Seorang anak kecil mengunakan infus secara langsung dengan meminumnya. Sempat tidak percaya, itu infus asli atau bukan?, dan akhirnya saya diyakinkan oleh ayahnya bahwa itu asli adanya.

manfaat infus, cairan infus bisa di minum, dampak meminum cairan infus
Dua saudara minum infus bergiliran
Agus, ayah dari anak-anak yang meminum infus secara langsung. Dia menjelaskan bahwa anak-anaknya ketika sedang pilek atau demam, dia selalu membawakan infus yang dia bawa dari pabriknya. Bapak Agus ini memang bekerja di pabrik infus ternama di kecamatan Pandaan.

Alasan dia membawakan infus saat anak-anaknya sakit, adalah sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang karena sakit. Biasanya, saat anak sedang sakit, pola makannya akan turun dan asupan gizi serta cairan tubuhnya akan berkurang secara drastis.

Anak-anaknya sangat menyukai minum infus itu, "selain segar juga ada rasa manis yang bisa menggugah selera si anak", ujarnya.

Saya selaku penulis, baru tau bahwa, infus itu tidak hanya digunakan sebagai alat pembantu cairan tubuh dengan menyuntikkan ke pembuluh darah, infus juga bisa diminum secara langsung. Saya tes rasanya dengan mencicipi infus yang sedang diminum oleh anak kecil itu, dan rasanya segar agak terasa manis seperti ada rasa jambu.

Meminum Infus secara langsung tidak berakibat buruk

Dr. Raehanul Bahraen, menyebutkan bahwa infus adalah cairan yang digunakan untuk mengganti cairan tubuh, elektrolit dan memberikan saupan nutrisi pada tubuh. Jenisnyapun bermacam-macam sesuai dengan fungsi dan kegunannya. Ada yang hipotonis, isotonis dan hipertonis, ada juga yang berisi elektrolit tertentu dan berisi glukosa tertentu. Cairan infus juga digunakan sebagai pembawa obat-obatan yang akan dimasukan ke dalam tubuh. (Ark.Pdn)

Pdn, 09 Desember 2016

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment