Monday 19 December 2016

Buruknya Sarana Jalan di Desa Tersisihkan Kelurahan Kutorejo Pandaan

Buruknya sarana jalan. Macet, begitulah fenomena yang selalu terjadi di jalan arah Malang-Surabaya. Kemacetan selalu terjadi saat hari Minggu sore di sekitaran Taman dayu.

Banyaknya traffick kendaraan yang melintas dari arah Malang menuju Surabaya dan lamanya traffick light sekitar Taman Dayu, membuat deretan kendaraan semakin sore semakin memanjang sampai kecamatan Sukorejo.

Kemacetan seperti ini sudah menjadi hal biasa bagi saya. Setiap minggu saya harus melewati deretan kendaraan yang menunggu untuk masuk gerbang tol.

Dari pada saya menunggu kemacetan seperti itu, saya mencoba untuk berkendara di jalur alternatif agar lebih cepat sampai. Sayangnya jalan alternatif tersebut sungguh tidak layak untuk dilewati. Keadaan jalan yang sangat buruk dan bergelombang. Jalanan yang tadinya aspal kini yang terlihat hanyalah bongkahan batu dan permukaan tanah yang tak rata.

Rusaknya Jalan di Dusun Dukuh-Dalpang
Rusaknya Jalan di Dusun Dukuh-Dalpang
Jalan yang rusak itu terdapat di sepanjang jalan Dusun dukuh dan Dalpang kelurahan Kutorejo. Jalan yang seharusnya bisa dijadikan jalan alternatif untuk menghindari kemacetan jalan Malang-Surabaya, tapi keadaan jalan tersebut sungguh sangat memprihatinkan. Berbeda dengan jalan di desa sebelahnya, seperti jalanan di desa jabon yang terlihat mulus dan nyaman di lewati.

Sebenarnya saya cukup bingung dengan tatanan desa kelurahan kutorejo ini, pasalnya kedua Dusun Dalpang dan dusun Dukuh ini terletak cukup jauh dari desa lain yang satu kelurahan. Seakan kedua desa ini seperti desa terasingkan dan tersisihkan, bisa dilihat dari keadaan jalan yang sudah lama tak terurus padahal sekitaran dusun lainnya seperti dusun Jabon yang mempunyai jalanan yang nyaman dan sepertinya baru di aspal.

Desa lainnya seperti Sidonganti dan Kutorejo sendiri juga mempunyai jalan yang cukup enak dilewati, tapi kenapa jalanan enak itu terhenti di Dusun Dukuh saja, pun juga jalanan buruk tersebut juga berakhir di dusin Dalpang, sementara jalanan dusun Wedoro sebelah timurnya dusun Dalpang terlihat juga baru di Aspal. Hanya kedua Dusun ini saja yang seperti terisolir dengan jalanan yang buruk.

Seharusnya pejabat kelurahan memahami tentang problem jalanan ini, jalan yang baik akan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. dan jalan ini juga merupakan jalan alternatif untuk menghindari macet di jalur Malang-Surabaya. Mungkin juga dengan adanya jalanan baru yang nyaman akan meningkatkan minat pembeli perumahan yang baru di bangun di sekitar dusun Dukuh.

Pandaan, 20 Desember 2016

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment